[Story 72] Pengantar Management Bisnis Digital | Part 7 : Study Case + contoh soal quiz & pembahasan
Theme : Konsep Dasar Management | Part 6 : Study Case + contoh soal quiz & pembahasan
Linda adalah pemilik bisnis di bidang digital advertising. Linda memiliki beberapa pegawai, 3 di antaranya adalah :
-
Tracy adalah pegawai yang bekerja selama 10 tahun sebagai marketing communication. Akhir-akhir ini kinerja Tracy menurun karena ia merasa jenuh dengan pekerjaan sehari-hari yang sama. Meskipun gaji Tracy adalah yang paling besar di antara pegawai lainnya, hal itu tidak cukup membuatnya termotivasi
-
Kendall juga cukup lama bekerja pada Linda, yaitu 7 tahun. Dia bekerja sebagai creator content dan visual designer. Kendall adalah orang yang kreatif di antara visual designer lainnya. Namun perilaku Kendall seringkali mengabaikan pekerjaannya dan menyelesaikan pekerjaan melewati deadline. Ia seringkali sibuk dengan game di kantornya. Hal ini cukup merugikan Linda karena harus kehilangan client yang membatalkan kerja sama dengannya.
Bob adalah pegawai yang baru saja bergabung dengan Linda. Bob memiliki latar belakang pendidikan yang baik di bidang digital business. Pekerjaannya adalah sebagai data analyst, namun Bob bekerja cukup lambat dan seringkali kurang paham dengan pekerjaan apa yang harus ia sesuaikan, mana yang harus diselesaikan lebih dulu. Bob juga masih sulit berkomunikasi karena belum mengenal semua pegawai di sana.
a. Sebut dan jelaskan 5 gaya kepemimpinan!
Ans. :
1) Otoriter : pemimpin mengambil keputusan sepenuhnya. Cocok untuk situasi di mana keputusan harus cepat diambil. Namun, ini dapat berdampak terhadap kurangnya kreativitas dan motivasi pegawai.
2) Partisipatif (kepemimpinan yang demokratis) : pemimpin melibatkan pegawai dalam proses pengambilan keputusan. Ini dapat meningkatkan motivasi dan rasa memiliki. Namun, ini memperlambat pengambilan keputusan.
3) Transaksional : berfokus pada pertukaran antara pemimpin dan pegawai, ex : imbalan untuk kinerja baik. Ini cocok untuk pegawai yang membutuhkan motivasi tambahan.
4) Transformasional : pemimpin berusaha menginspirasi dan memotivasi pegawai dengan visi misi yang kuat. Ini cocok untuk menciptakan lingkungan kerja yang inovatif. Serta, dapat memotivasi pegawai.
5) Kepemimpinan Laissez - Faire : pemimpin dapat memberikan kebebasan kepada pegawai untuk bekerja sendiri. Cocok untuk pegawai yang sangat berpengalaman dan mandiri. Namun, ini bisa beresiko sebabnya ada beberapa pegawai yang kehilangan motivasi.
b. Apakah Linda dapat mengarahkan dengan gaya kepemimpinan yang sama untuk Tracy, Kendall, dan Bob?
Ans. : Tidak. Karena dilihat dari perilaku ketiga pegawai tersebut (Tracy, Kendall, dan Bob), perilaku ketiga pegawai tersebut menunjukkan kebutuhan dan tantangan yang berbeda.
• Tracy : Tracy merasakan kejenuhan di dalam dirinya. Oleh karena itu, Linda seharusnya memberikan pendekatan yang lebih transformasional kepada Tracy dengan melibatkan Tracy dalam 'project' baru.
• Kendall : Linda perlu menetapkan batasan yang jelas. Jika perlu, berikan konsekuensi kepada Kendall. Sebabnya, kinerja Kendall yang tidak memadai. Gaya kepemimpinan transaksional dan partisipatif mungkin cocok untuknya.
• Bob : Linda seharusnya membimbing Bob dalam memahami prioritas dan membangun kepercayaan diri dalam komunikasi. Gaya kepemimpinan otoriter mungkin cocok untuknya, untuk memberikan arahan yang jelas.
c. Sebagai CEO sekaligus manager, gaya kepemimpinan apa yang sesuai untuk mengarahkan bawahannya, supaya mereka dapat mencapai target perusahaan, karena 3 tahun ke depan, Linda menginginkan bisnisnya menjadi digital advertising terbaik di kotanya?
Ans. : Sebagai CEO dan 'manager', gaya kepemimpinan yang sesuai untuk Linda adalah kepemimpinan transformasional yang dipadukan dengan elemen partisipatif. Dengan ini, Linda mampu menjadikan bisnisnya sebagai 'digital advertising' terbaik di kotanya dalam 3 tahun ke depan, dengan mendukung pertumbuhan, inovasi, dan pencapaian tujuan bersama.
Bagaimana pendapat kalian? Apakah kalian juga punya pendapat yang sama? Atau kalian punya pendapat yang lain? Tuliskan pendapat kalian di kolom komentar. Setelah itu, mari kita diskusikan bersama-sama. 🤗🤗🤗
1. Yang bukan merupakan isi pengertian dari management adalah...
Ans. :
Management adalah proses merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, dan mengendalikan sumber daya untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
1. Perencanaan (Planning) : menentukan tujuan dan cara mencapainya. ✅
2. Pengorganisasian (Organizing) : menyusun struktur organisasi dan pembagian tugas. ✅
3. Pengarahan (Directing / Leading) : memberi arahan, motivasi, dan kepemimpinan. ✅
4. Pengendalian (Controlling) : memantau pelaksanaan dan melakukan koreksi jika diperlukan. ✅
Sementara perancangan (designing) lebih mengacu pada proses kreatif atau teknis dalam desain produk, sistem, atau struktur, bukan bagian utama dari definisi atau fungsi dasar management.
a. Prinsip work specialization
b. Prinsip otoritas
Pembahasan :
a. Prinsip work specialization ✅
b. Prinsip otoritas ❌
Berkaitan dengan hak untuk memberi perintah dan mengharapkan kepatuhan. Ini tentang kekuasaan manajerial, bukan pembagian tugas.
Prinsip pendelegasian wewenang adalah proses memberi sebagian wewenang kepada bawahan untuk menyelesaikan tugas. Fokusnya pada pendelegasian, bukan pembagian pekerjaan.
d. Prinsip Rantai Komando (chain of command) ❌
Menunjukkan garis wewenang yang jelas dari atasan ke bawahan.
e. Prinsip Rentang Kendali (span of control) ❌
Menunjukkan jumlah bawahan yang dapat dikendalikan langsung oleh seorang atasan.
Comments
Post a Comment