[Story 53] [Semester 2] Digital Economy | Part 2 : Supply and Demand

Subject : Digital Economy

Theme : [Semester 2] Part 2 : Supply and Demand

By : Dr.M. Bambang Agus Sumantri, S.IP., M.M.



A. Supply and Demand

Let's visit a traditional market!


• Setiap hari di pasar, kita melihat :
• Penjual memajang barang dagangannya.
• Pembeli mencari harga terbaik.
• Negosiasi harga antara penjual dan pembeli.
• Beberapa penjual memiliki banyak stok, yang lain stoknya menipis.
• Beberapa pembeli membeli banyak, yang lain hanya membeli sedikit.
• Harga berubah berdasarkan ketersediaan dan permintaan.


Supply and Demand






B. Supply Curve
Supply curve (kurva penawaran) menunjukkan :
• Jumlah barang yang ingin dijual oleh produsen dengan harga berbeda, sambil menjaga semua faktor lainnya tetap konstan.

Komponen utama
Price (P) : rupiah per unit pada sumbu vertikal.
Quantitiy (Q) : unit penawaran pada sumbu horizontal.

Karakteristik
Upward stoping (berhenti ke atas) :
• Harga yang lebih tinggi menyebabkan peningkatan produksi, ex : chili supply
• Cabai merupakan bahan penting dalam masakan Indonesia.
• Indonesia mengonsumsi sekitar 2,8 kg cabai per orang setiap tahunnya.

Contoh jadwal persediaan cabai :




C. Demand Curve

     Demand curve (kurva permintaan) menunjukkan jumlah barang bahwa konsumen bersedia membeli dengan harga berbeda, sambil menjaga semua faktor lainnya tetap konstan.

Komponen utama
Price (P) : rupiah per unit pada sumbu vertikal.
Quantity (Q) : unit penawaran pada sumbu horizontal.

Karakteristik
Downward sloping (miring ke bawah) :
• Harga yang lebih tinggi menyebabkan penurunan konsumsi.
• Harga yang lebih rendah menyebabkan peningkatan konsumsi.



Alasan mengapa kurva penawaran slopes upward (miring ke atas) :
1. Perilaku Konsumen
     Ketika harga cabai sedang tinggi, masyarakat membeli cabai rawit (300 kg). Mereka beralih ke bahan pengganti cabai, mengurangi penggunaan cabai dalam memasak, atau berhenti membeli sepenuhnya.

2. Aksesibilitas Harga
     Ketika harga turun, lebih banyak rumah tangga mampu membeli cabai, restoran membeli dalam jumlah besar, produsen makanan meningkatkan pembelian

3. Pertumbuhan Pasar
     Pada harga rendah, konsumen yang masuk ke pasar lebih banyak, pembeli membeli dalam jumlah lebih besar, bisnis menimbun persediaan


Hukum permintaan :
Seiring turunnya harga, jumlah permintaan meningkat.


Hukum permintaan (supply) dan penawaran (demand) :
Semakin tinggi harga suatu barang, semakin sedikit jumlah barang yang diminta, dan sebaliknya, jika harga semakin murah, maka semakin banyak jumlah barang yang diminta. 

Comments

Popular posts from this blog

[Story 3] Kenali Anak Muda Inspiratif Indonesia | Part 2 : Syifa Kusuma, Penyanyi Cilik Berbakat juga Duta Wisata Untuk Banten

[Story 1] Kenali Anak Muda Inspiratif Indonesia | Part 1 : Cantika Davinca, Penyanyi Dangdut Terkenal yang Mendadak Viral di Kabupaten Madiun

[Story 12] Kenali Anak Muda Inspiratif Indonesia | Part 4 : Amelia Zerlina, Siswi Cantik Menginspirasi, Cerdas, Berpengalaman asal Kediri, Jawa Timur