[Story 53] [Semester 2] Digital Economy | Part 2 : Supply and Demand
Subject : Digital Economy
Theme : [Semester 2] Part 2 : Supply and Demand
By : Dr.M. Bambang Agus Sumantri, S.IP., M.M.
A. Supply and Demand
Let's visit a traditional market!
• Setiap hari di pasar, kita melihat :
• Penjual memajang barang dagangannya.
• Pembeli mencari harga terbaik.
• Negosiasi harga antara penjual dan pembeli.
• Beberapa penjual memiliki banyak stok, yang lain stoknya menipis.
• Beberapa pembeli membeli banyak, yang lain hanya membeli sedikit.
• Harga berubah berdasarkan ketersediaan dan permintaan.
Supply and Demand
B. Supply Curve
Supply curve (kurva penawaran) menunjukkan :• Jumlah barang yang ingin dijual oleh produsen dengan harga berbeda, sambil menjaga semua faktor lainnya tetap konstan.
Komponen utama
Price (P) : rupiah per unit pada sumbu vertikal.
Quantitiy (Q) : unit penawaran pada sumbu horizontal.
Karakteristik
Upward stoping (berhenti ke atas) :
• Harga yang lebih tinggi menyebabkan peningkatan produksi, ex : chili supply
• Cabai merupakan bahan penting dalam masakan Indonesia.
• Indonesia mengonsumsi sekitar 2,8 kg cabai per orang setiap tahunnya.
Contoh jadwal persediaan cabai :
Demand curve (kurva permintaan) menunjukkan jumlah barang bahwa konsumen bersedia membeli dengan harga berbeda, sambil menjaga semua faktor lainnya tetap konstan.
Komponen utama
Price (P) : rupiah per unit pada sumbu vertikal.
Quantity (Q) : unit penawaran pada sumbu horizontal.
Karakteristik
Downward sloping (miring ke bawah) :
• Harga yang lebih tinggi menyebabkan penurunan konsumsi.
• Harga yang lebih rendah menyebabkan peningkatan konsumsi.
1. Perilaku Konsumen
Ketika harga cabai sedang tinggi, masyarakat membeli cabai rawit (300 kg). Mereka beralih ke bahan pengganti cabai, mengurangi penggunaan cabai dalam memasak, atau berhenti membeli sepenuhnya.
2. Aksesibilitas Harga
Ketika harga turun, lebih banyak rumah tangga mampu membeli cabai, restoran membeli dalam jumlah besar, produsen makanan meningkatkan pembelian
3. Pertumbuhan Pasar
Pada harga rendah, konsumen yang masuk ke pasar lebih banyak, pembeli membeli dalam jumlah lebih besar, bisnis menimbun persediaan
Hukum permintaan :
Seiring turunnya harga, jumlah permintaan meningkat.
Hukum permintaan (supply) dan penawaran (demand) :
Semakin tinggi harga suatu barang, semakin sedikit jumlah barang yang diminta, dan sebaliknya, jika harga semakin murah, maka semakin banyak jumlah barang yang diminta.
Comments
Post a Comment