[Story 35] [Semester 1] Pemodelan Bisnis (Teori) | Part 5 : Komponen Business Model Canvas (BMC) - 4. Customer Relationship
Materi : Pemodelan Bisnis (Teori)
Tema : [Semester 1] | Part 5 : Komponen Business Model Canvas (BMC) - 4. Customer Relationship
By : Krisnayanti Aditasari, S. M., M.MT
![]() |
Image : Customer Relationship | Source : Udacity |
A. Pengertian Customer Relationship
Customer relationship adalah proses pengelolaan informasi rinci tentang pelanggan perorangan maupun pelanggan perkelompok untuk memaksimalkan loyalitas pelanggan. (Kotler, 2008)
B. Manfaat dan Tujuan Customer Relationship
Manfaat customer relationship antara lain :
1. Meningkatkan hubungan untuk meningkatkan pendapatan.
2. Menciptakan saluran (channel) untuk komunikasi secara konsisten dan berulang-ulang.
C. Dimensi Customer Relationship
Dimensi customer relationship antara lain :
1. Customer Identification
Customer identification adalah suatu langkah di mana perusahaan melakukan identifikasi dalam penentuan cara agar membangun ikatan yang menguntungkan dengan suatu pelanggan.
2. Customer Attraction
Customer attraction adalah suatu langkah di mana perusahaan memberikan informasi keunggulan produk / jasa kepada konsumen agar konsumen bisa tertarik.
3. Customer Retention
Customer retention adalah suatu langkah di mana perusahaan menjaga pelanggan agar pelanggan bisa loyal terhadap produk dari perusahaan tersebut.
4. Customer Development
Customer development adalah suatu langkah di mana konsumen dari suatu perusahaan bisa mengajak / menawarkan suatu produk ke konsumen baru.
Comments
Post a Comment