[Story 35] [Semester 1] Pemodelan Bisnis (Teori) | Part 5 : Komponen Business Model Canvas (BMC) - 4. Customer Relationship

Materi : Pemodelan Bisnis (Teori)

Tema : [Semester 1] | Part 5 : Komponen Business Model Canvas (BMC) - 4. Customer Relationship

By : Krisnayanti Aditasari, S. M., M.MT



Image : Customer Relationship | Source : Udacity



A. Pengertian Customer Relationship

     Customer relationship adalah proses pengelolaan informasi rinci tentang pelanggan perorangan maupun pelanggan perkelompok untuk memaksimalkan loyalitas pelanggan. (Kotler, 2008)


B. Manfaat dan Tujuan Customer Relationship

Manfaat customer relationship antara lain :

1. Meningkatkan hubungan untuk meningkatkan pendapatan.

2. Menciptakan saluran (channel) untuk komunikasi secara konsisten dan berulang-ulang.


C. Dimensi Customer Relationship

Dimensi customer relationship antara lain :

1. Customer Identification

     Customer identification adalah suatu langkah di mana perusahaan melakukan identifikasi dalam penentuan cara agar membangun ikatan yang menguntungkan dengan suatu pelanggan.


2. Customer Attraction

     Customer attraction adalah suatu langkah di mana perusahaan memberikan informasi keunggulan produk / jasa kepada konsumen agar konsumen bisa tertarik.


3. Customer Retention

Customer retention adalah suatu langkah di mana perusahaan menjaga pelanggan agar pelanggan bisa loyal terhadap produk dari perusahaan tersebut.


4. Customer Development

     Customer development adalah suatu langkah di mana  konsumen dari suatu perusahaan bisa mengajak / menawarkan suatu produk ke konsumen baru. 

Comments

Popular posts from this blog

[Story 3] 🎵 Begitu Rindu - Lifia Laeticia 🎵

[Story 1] Kenali Anak Muda Inspiratif Indonesia | Part 1 : Cantika Davinca, Penyanyi Dangdut Terkenal yang Mendadak Viral di Kabupaten Madiun