 |
Image : Happy New Year 2025 | Source : dreamstime.com |
Sebelumnya, saya mau mengucapkan "Selamat Tahun Baru 2025". Semoga di tahun yang baru ini bisa memberikan sinergi baru, harapan baru, ide bisnis baru, semua serba baru, deh, pokoknya !!! 🥳🎉
Nah, kuy, sekarang kita lanjut ke sesi sharing. Without further ado, let's get started!
Mata kuliah : Pemodelan Bisnis (Teori)
Tema : Pemodelan Bisnis (Teori) | [Semester 1] Part 1 : Introduction to Business Model Canvas (BMC)
By : Krisnayanti Aditasari, S. M., M.MT
Nah, sebelum kita memulai bisnis, kita harus tau dulu, nih, konsep dasar untuk memulai suatu bisnis, salah satunya adalah Business Model Canvas (BMC).
A. Introduction to Business Model Canvas (BMC)
Bisnis model adalah suatu gambaran yang menjelaskan value bisnis dalam suatu organisasi. Manfaat model bisnis :
1) Mempersingkat penulisan perencanaan bisnis.
2) Meningkatkan fokus perusahaan untuk perencanaan bisnis.
3) Meminimalisir kesalahan dalam proses bisnis.
Sementara, Business Model Canvas (BMC) adalah suatu metode yang mendeskripsikan dan memvisualisasi model bisnis. Komponen BMC ada 9, yaitu sbb. :
|
|
Ket. :
Step 1 : Supaya lebih mudah memahami bagian mana dulu yang harus diisi, maka pisahkan antara area kanan dan area kiri.
Step 2 : Sekarang, kita fokus dulu ke bagian kanan yang bertuliskan Front Stage. Bagian ini menjelaskan bagian dari bisnis yang berhubungan dengan customer.
Step 3 : Kemudian, bagian kiri adalah Back Stage, di mana menjalankan operasional perusahaan, produksi, atau aktivitas di balik layar, ex : pembukuan dan keuangan.
|
B. Penjelasan Singkat 9 Komponen Business Model Canvas (BMC)
9 komponen Business Model Canvas (BMC) adalah sbb. :
1. Customer Segment : siapa aja, sih, target nya (anak-anak, orang lanjut usia, khusus laki-laki, khusus perempuan, orang-orang rentang usia tertentu, dsb.) ?
2. Value Proposition : bagaimana cara kita menjelaskan nilai lebih / keunggulan produk barang / jasa kita kepada konsumen?
3. Channels : cara kita mempromosikan produk barang / jasa kita kepada konsumen. How to promote, how to influence consumers, ex : testimoni, via online, ex : WhatsApp, Tik Tok, Instagram, X, dsb.
4. Customer Relationship : bagaimana cara kita memelihara hubungan baik dengan pelanggan agar dapat mempertahankan loyalitas pelanggan terhadap produk-produk kita?
5. Revenue Streams : dari mana aja, sih, sumber pendapatan bisnis kita? Ex : penjualan langsung, langganan, model berbasis iklan, dsb. Bisa juga alat pembayaran apa aja yg digunakan? Ex : QRIS, Go-Pay, ShopeePay, transfer dari satu bank ke bank lain, dsb.
6. Key Resources : modal apa aja, sih, yang dibutuhkan agar bisnis kita dapat berjalan lancar? Ex : sumber daya manusia, teknologi, listrik, dsb.
7. Key Activities : apa saja, sih, yang harus dilakukan untuk memperkenalkan produk barang / jasa kita kepada konsumen, ex : produksi, pemasaran, pengembangan produk, dsb.
8. Key Partership : perusahaan, mitra lain, pemasok, atau sejenisnya yang bekerja sama dengan perusahaan kita untuk memaksimalkan kelancaran bisnis kita serta meningkatkan kualitas produk barang / jasa kita.
9. Cost Structure : struktur biaya. Maksudnya, menyusun dan menghitung biaya-biaya yang harus dikeluarkan untuk keperluan bisnis kita, ex : biaya tetap, biaya variabel, biaya produksi, biaya pengembangan produk, biaya pemasaran, dsb.
 |
Contoh Komponen Business Model Canvas (BMC) Gojek
|
Next, saya akan sharing seputar masing-masing komponen Business Model Canvas (BMC) lebih dalam lagi. Semoga di tahun 2025 yang baru ini, akan lebih banyak mewujudkan harapan menjadi kenyataan. Tetap semangat, jaga kesehatan, enjoy ur day! 🥳🎉
Comments
Post a Comment