[Story 7] Kesan dan Pesan Selama Mengikuti Osjur (Ospek Jurusan) | Digivolution 4.0 - Telkom University Surabaya


Foto : Kelompok Osjur-ku Group 17 - LINE | Digivolution 4.0 - Telkom University Surabaya 

      Kegiatan Osjur (Ospek Jurusan) baru saja diadakan pada beberapa minggu lepas, tepatnya pada hari Sabtu, 2 November & Sabtu-Minggu, 9-10 November 2024 di kampus saya, Telkom University Surabaya. Kegiatan ini yang bertujuan untuk lebih mengakrabkan antar sesama rakan 1 jurusan dari pelbagai kelas, dalam hal ini jurusan / prodi saya, yaitu prodi bisnis digital. Apa saja keseruannya?

Sabtu, 2 November 2024 :

     Pada kegiatan ini, ada beragam materi yang disampaikan Mrs. Adisya selaku dosen mata kuliah technopreneur tentang gamification. 

Marketing : ilmu yang mempelajari dunia pemasaran.

     Dalam pemasaran, gamification membantu membuat pengalaman berinteraksi dengan brand menjadi lebih menyenangkan dan mendorong partisipasi pengguna. Mrs. Adisya juga menyampaikan pentingnya gamification untuk : pentingnya keterlibatan, peningkatan retensi, loyalitas lebih tinggi, dsb. 

     Selain itu juga dijelaskan mengenai 4 elemen gamification : point & reward, badge & level, leaderboard, n progress bar, dan masih banyak lagi. Juga ada kegiatan kerja kelompok membuat BMC (Business Model Canvas) mengenai LINE.


Sabtu, 9 November 2024 :

     Pada kegiatan ini, diisi dengan presentasi video pitching, yang mana apa fitur aplikasi yang ingin dikembangkan ke depannya. Aplikasinya, ya, of course sesuai dengan nama kelompoknya. 






















Nama-nama kelompok Osjur (Ospek Jurusan) beserta anggotanya. Saya di Group 17 - LINE.

     Kalau saya, sih, karena saya dan kami di Group 17 - LINE, maka kami akan fokus untuk mengembangkan fitur aplikasi LINE, yaitu Chativerse.





(foto beberapa usulan desain logo Chativerse yang masih dikonsep)

Minggu, 10 November 2024 :

     Ini merupakan hari terakhir kegiatan Osjur. Kegiatan ini diisi dengan game. Ada game estafet balon. Jadi, balon yang berisi air, diestafet pakai hijab segi empat, tidak boleh jatuh apalagi sampai pecah, yang balon isi airnya jatuh, ia kalah. Terus ada game jembatan kardus (gtw apa namanya). Jadi, 2 orang dari arah berlawanan harus berjalan menggunakan 1 kaki mengikuti potongan kardus, kemudian saat keduanya bertemu, mereka harus suit (suit menggunakan batu gunting kertas). Yang menang bisa lanjut hingga finish, sementara yang kalah keluar dari jalur tsb., dan masih banyak lagi. Ditambah dengan yel-yel dari senior prodi menggunakan drum.

     Yaa... Kira-kira begitu, deh. Semoga tahun depan baik kegiatan PKKMB maupun Osjur dapat berjalan lebih baik lagi. Dan, apabila ada kesempatan, saya ingin sekali menjadi kafas (kakak fasilitator) di acara PKKMB 2025 dan menjadi kakak mentor Osjur Bisnis Digital 2025 mendatang. Ini merupakan kesempatan terbaik bagi saya untuk menemani, berkenalan, serta membimbing adik-adik saya. Semoga ada kesempatan bagi saya. Well, thanks for everyone n see u.

Comments

Popular posts from this blog

[Story 3] 🎵 Begitu Rindu - Lifia Laeticia 🎵

[Story 1] Kenali Anak Muda Inspiratif Indonesia | Part 1 : Cantika Davinca, Penyanyi Dangdut Terkenal yang Mendadak Viral di Kabupaten Madiun