[Story 71] Pengantar Management Bisnis Digital | Part 5 : Management Dalam Organisasi
Subject : Pengantar Management Bisnis Digital
Theme : Konsep Dasar Management | Part 5 : Management Dalam Organisasi
By : Mrs. Sekar Widyasari Putri, S. A. B., M. Si.
A. Organisasi
Organisasi :
A collection of people who work together and coordinate their actions to achieve individual and orgsnizational goals (Jemnifer & Garreth, 2012).
Mangement Organisasi :
Proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan sumber daya organisasi, yang mana setiap orangnya memiliki tugas, peranan dan fungsi penting untuk mencapai tujuan organisasi.
Proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan sumber daya organisasi, yang mana setiap orangnya memiliki tugas, peranan dan fungsi penting untuk mencapai tujuan organisasi.
![]() |
Image : Level of Analysis in Organization Management |
![]() |
Foto : Management Functions |
![]() |
Image : Universal Need for Management |
![]() |
Image : Effectiveness and Efficiency in Management |
![]() |
Image : Managerial Levels |
Managerial Levels terdiri dari :
1. First-Line Manager
First-Line Manager merupakan management tingkat paling rendah. Ia bertugas mengatur pekerjaan karyawan non-managerial (penyelia/supervisor). Ex : mandor, team leader, supervisor (spv) / Assistant Vice President (AVP), Assistant Manager, Section Officer, kaprodi, dsb.
2. Middle Manager
Middle Manager adalah management antara tingkat penyelia dan tingkat puncak. Ex : kepala biro, kepala bagian, manager divisi / Executive Vice President (EVP) / Senior Vice President (SVP), Head of Department (HOD), General Manager (GM), dsb.
3. Top Manager
Top Manager adalah management yang bertanggung jawab atas pengambilan keputusan seluruh organisasi dan menetapkan kebijakan serta strategi yang mempengaruhi seluruh organisasi. Ex : President, Chief Executive Officer (CEO), Chief Financial Officer (CFO), Director / Senior Executive Vice President (SEVP), Komisaris, dsb.
![]() |
Image : Organization Structure |
![]() |
Image : Manager Role and Skill |
![]() |
Image : Role of Manager |
![]() |
Image : Skills Management Function |
![]() |
Image : The Changing Organization |
The Increasing Importance of Customers
• Customers : the reason that organizations exist. Mengelola hubungan dengan konsumen adalah tanggung jawab seluruh manajer dan pekerja.
• Konsisten terhadap pelayanan konsumen dengan kualitas tinggi adalah hal yang esensi untuk bertahan.
Innovation
• Melakukan segala sesuatu yang berbeda, eksplorasi daerah baru, dan
• Mengambil resiko : manager harus mendorong pekerja agar lebih sadar untuk melakukan inovasi.
Comments
Post a Comment