[Story 71] Pengantar Management Bisnis Digital | Part 5 : Management Dalam Organisasi

Subject : Pengantar Management Bisnis Digital
 
Theme : Konsep Dasar Management | Part 5 : Management Dalam Organisasi 

By : Mrs. Sekar Widyasari Putri, S. A. B., M. Si.


A. Organisasi
Organisasi :
     A collection of people who work together and coordinate their actions to achieve individual and orgsnizational goals (Jemnifer & Garreth, 2012).

Mangement Organisasi :
     Proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan sumber daya organisasi, yang mana setiap orangnya memiliki tugas, peranan dan fungsi penting untuk mencapai tujuan organisasi. 

Image : Level of Analysis in Organization Management



Foto : Management Functions



Image : Universal Need for Management



Image : Effectiveness and Efficiency in Management



Image : Managerial Levels

Managerial Levels terdiri dari :
1. First-Line Manager
     First-Line Manager merupakan management tingkat paling rendah. Ia bertugas mengatur pekerjaan karyawan non-managerial (penyelia/supervisor). Ex : mandor, team leader, supervisor (spv) / Assistant Vice President (AVP), Assistant Manager, Section Officer, kaprodi, dsb.

2. Middle Manager 
     Middle Manager adalah management antara tingkat penyelia dan tingkat puncak. Ex : kepala biro, kepala bagian, manager divisi /  Executive Vice President (EVP) / Senior Vice President (SVP), Head of Department (HOD), General Manager (GM), dsb.

3. Top Manager
     Top Manager adalah management yang bertanggung jawab atas pengambilan keputusan seluruh organisasi dan menetapkan kebijakan serta strategi yang mempengaruhi seluruh organisasi. Ex : President, Chief Executive Officer (CEO), Chief Financial Officer (CFO), Director / Senior Executive Vice President (SEVP), Komisaris, dsb.


Image : Organization Structure 


Image : Manager Role and Skill



Image : Role of Manager 

Image : Skills Needed at Different Management Levels

CONCEPT SKILLS : 
• Kemampuan untuk menaganalisis dan mendiagnosis suatu situasi dan membedakan antara sebab dan akibat.
• Menggunakan informasi untuk memecahkan problem bisnis.
• Mengidentifikasi peluang inovasi.
• Mengenal area permasalahan dan implementasi solusi.
• Memilih informasi kritis dari data yang banyak.
• Memahami peluang bisnis dari perkembangan teknologi.
• Memahami model organisasi bisnis.

HUMAN SKILLS 
• Kemampuan untuk memahami, bekerja dengan memimpin, dan mengontrol perilaku orang dan kelompok lain.
• Kemampuan mentransformasikan ide ke dalam kalimat dan tindakan.
• Dapat dipercaya oleh para kolega, jabatan setingkat, bawahan 
• Mendengarkan dan mengajukan pertanyaan.
Presentation skill.

INTERPERSONAL SKILLS 
Coaching and mentoring skills.
Diversity skills : bekerja dengan berbagai orang dan budaya.
Networking within the organization.
• Networking outside the organization.
 Working in teams.

TECHNICAL SKILLS 
Berkontribusi pada misi perusahaan / tujuan departemen.
• Customer focus Multitasking : bekerja dengan banyak tugas secara pararel. Negotiating skills.
• Project management.
• Reviewing operations and implementing improvements.
Mengatur dan menjaga performansi standar, baik internal maupun eksternal.
• Menetapkan prioritas Time management.



Image : Skills Management Function


Image : The Changing Organization 

The Increasing Importance of Customers
Customers : the reason that organizations exist. Mengelola hubungan dengan konsumen adalah tanggung jawab seluruh manajer dan pekerja.

• Konsisten terhadap pelayanan konsumen dengan kualitas tinggi adalah hal yang esensi untuk bertahan.

Innovation 
• Melakukan segala sesuatu yang berbeda, eksplorasi daerah baru, dan
• Mengambil resiko : manager harus mendorong pekerja agar lebih sadar untuk melakukan inovasi.

Comments

Popular posts from this blog

[Story 3] Kenali Anak Muda Inspiratif Indonesia | Part 2 : Syifa Kusuma, Penyanyi Cilik Berbakat juga Duta Wisata Untuk Banten

[Story 1] Kenali Anak Muda Inspiratif Indonesia | Part 1 : Cantika Davinca, Penyanyi Dangdut Terkenal yang Mendadak Viral di Kabupaten Madiun

[Story 12] Kenali Anak Muda Inspiratif Indonesia | Part 4 : Amelia Zerlina, Siswi Cantik Menginspirasi, Cerdas, Berpengalaman asal Kediri, Jawa Timur