[Story 68] Pengantar Management Bisnis Digital | [Semester 1] Part 4 : Analisis STP & 4P Marketing
Subject : Pengantar Management Bisnis Digital
Theme : [Semester 1] Konsep Dasar Management | Part 4 : Analisis STP & 4P Marketing
By : Conan Caraka N.
Dalam dunia pemasaran, strategi Segmentasi, Targeting, and Positioning serta analisis 4P Marketing Mix sangatlah dibutuhkan. Fungsinya adalah agar kita bisa mengetahui dan mengidentifikasi cara terbaik untuk menjangkau konsumen serta memposisikan produk secara efektif.
B. Macam-macam Strategi
Macam-macam stratrgi STP & 4P adalah sebagai berikut :
1. Segmentasi (Segmentasi Pasar)
Segmentasi (Segmentasi pasar) adalah proses membagi pasar menjadi kelompok yang lebih kecil berdasarkan karakteristik tertentu. Fungsinya adalah untuk menyesuaikan produk dan pesan pemasaran.
2. Targeting
Targeting adalah aktivitas yang melibatkan pemilihan 1 / lebih segment pasar untuk dijadikan fokus. Fungsinya adalah untuk membantu perusahaan untuk mengalokasikan sumber daya secara efisien dan meningkatkan penjualan.
3. Positioning
Positioning adalah cara perusahaan membedakan produknya dari competitor. Dengan menciptakan citra yang kuat dalam pikiran konsumen, perusahaan dapat memastikan bahwa produk mereka menjadi pilihan utama di pasar yang kompetitif.
C. Analisis 4P Marketing Mix
Analisis 4P Marketing Mix terdiri dari : Product, Price, Place, and Promotion. Masing-masing elemen ini harus diselaraskan dengan strategi segmentasi dan positioning untuk mencapai hasil pemasaran yang optimal.
D. Contoh Produk STP & 4P
Image : contoh produk STP & 4P |
Source : Meta AI
Comments
Post a Comment