[Story 25] [Semester 1] Pemodelan Bisnis (Teori) | Part 4 : Komponen Business Model Canvas (BMC) - 3. Channels
Subject : Pemodelan Bisnis (Teori)
Theme : [Semester 1] Part 4 : Komponen Business Model Canvas (BMC) - 3. Channels
By : Krisnayanti Aditasari, S. M., M.MT
![]() |
Image : Channels | Source : dudunotes.com |
A. Pengertian Channels
Channels adalah suatu cara pelanggan menyampaikan value proposition (nilai keunggulan suatu produk barang / jasa) kepada pelanggan. Channel terbagi menjadi 2 :
1) Channel Pemasaran
Channel pemasaran adalah suatu proses pendistribusian layanan dari awal hingga akhir. Pada channel pemasaran, ia memiliki beberapa mitra, ex : reseller, afiliasi, konsultan, dsb.
2) Channel Komunikasi
Channel komunikasi adalah suatu proses yang digunakan oleh produsen untuk mengirimkan pesan pemasaran kepada konsumen via social media, ex : YouTube, website, e-mail, Instagram, X, TikTok, dsb.
B. Type of Channels
Type of channels :
1) Direct : Web Sales
2) Indirect : Partner Store
C. Channel Phases
Channel phases terdiri dari :
1) Awareness : kesadaran akan produk dan layanan
2) Evaluation : evaluasi akan produk dan layanan
3) Purchase : pembelian akan produk dan layanan
4) Delivery : penyampaian value proposition (nilai keunggulan suatu produk barang / jasa) ke konsumen
5) After sales : memberikan sesuatu (rating / ulasan, / sejenisnya) pasca pembelian
Comments
Post a Comment