[Story 25] [Semester 1] Pemodelan Bisnis (Teori) | Part 4 : Komponen Business Model Canvas (BMC) - 3. Channels

Subject : Pemodelan Bisnis (Teori)

Theme : [Semester 1] Part 4 : Komponen Business Model Canvas (BMC) - 3. Channels

By : Krisnayanti Aditasari, S. M., M.MT

Image : Channels | Source : dudunotes.com


A. Pengertian Channels    
     Channels adalah suatu cara pelanggan menyampaikan value proposition (nilai keunggulan suatu produk barang / jasa) kepada pelanggan. Channel terbagi menjadi 2 :
1) Channel Pemasaran 
     Channel pemasaran adalah suatu proses pendistribusian layanan dari awal hingga akhir. Pada channel pemasaran, ia memiliki beberapa mitra, ex : reseller, afiliasi, konsultan, dsb.
2) Channel Komunikasi
     Channel komunikasi adalah suatu proses yang digunakan oleh produsen untuk mengirimkan pesan pemasaran kepada konsumen via social media, ex : YouTube, website, e-mail, Instagram, X, TikTok, dsb.


B. Type of Channels
Type of channels : 
1) Direct : Web Sales
2) Indirect : Partner Store


C. Channel Phases 
Channel phases terdiri dari :
1) Awareness : kesadaran akan produk dan layanan
2) Evaluation : evaluasi akan produk dan layanan
3) Purchase : pembelian akan produk dan layanan
4) Delivery : penyampaian value proposition (nilai keunggulan suatu produk barang / jasa) ke konsumen
5) After sales : memberikan sesuatu (rating / ulasan, / sejenisnya) pasca pembelian

Comments

Popular posts from this blog

[Story 3] Kenali Anak Muda Inspiratif Indonesia | Part 2 : Syifa Kusuma, Penyanyi Cilik Berbakat juga Duta Wisata Untuk Banten

[Story 1] Kenali Anak Muda Inspiratif Indonesia | Part 1 : Cantika Davinca, Penyanyi Dangdut Terkenal yang Mendadak Viral di Kabupaten Madiun

[Story 12] Kenali Anak Muda Inspiratif Indonesia | Part 4 : Amelia Zerlina, Siswi Cantik Menginspirasi, Cerdas, Berpengalaman asal Kediri, Jawa Timur