[Story 16] Pemodelan Bisnis (Teori) | [Semester 1] Part 3 : Komponen Business Model Canvas (BMC) - 2. Value Proposition
Mata kuliah : Pemodelan Bisnis (Teori)
Tema : [Semester 1] Part 3 : Komponen Business Model Canvas (BMC) - 2. Value Proposition
By : Krisnayanti Aditasari, S. M., M.MT
![]() |
Foto : Value Proposition | Source : Freepik |
A. Pengertian Value Proposition
Value proposition adalah nilai yang diberikan pelanggan apabila pelanggan ingin membeli suatu produk / jasa yang ditawarkan.
![]() |
Image : contoh Value Proposition "Uber" |
B. Langkah-langkah dalam membangun Value Proposition
Minimal, ada 4 langkah dalam membuat value proposition, yaitu :
1. Visi-misi harus jelas
2. Riset kepada calon pelanggan
3. Analisa terhadap kompetitor
4. Tunjukkan kemudahan pada pelanggan
Analisa terhadap kompetitor :
Setiap usaha pastilah ada kompetitor, jadi tidak perlu dijadikan sebuah hambatan. Maka, perlu riset untuk memahami apa yang menjadi kelebihan maupun kekurangan kompetitor dengan menggunakan Unique Selling Propositions (USP). Ketika suatu brand memiliki Unique Selling Propositions (USP) yang baik, maka secara otomatis pelanggan akan tertarik untuk membeli dan mencoba.
C. Menunjukkan Kemudahan pada Pelanggan
Dalam value proposition, perlu adanya suatu value yang bermanfaat bagi pelanggan, sehingga pelanggan minat untuk membeli produk yang ditawarkan. Ex : produk fashion pria dan wanita yang ditampilkan di website / social media, sehingga pelanggan mudah untuk mengaksesnya.
D. Elemen pada Value Proposition
Ada 5 elemen pada value proposition, yaitu :
1) Newness : pembaruan produk
2) Customization : fleksibilitas produk
3) Desain : model / visual produk
4) Harga : nilai yang ditawarkan
5) Aksesibilitas : kemudahan akses
Next, kita akan lanjut sharing point 3 dari Business Model Canvas (BMC), yaitu Channels. Tetap semangat, jaga kesehatan, enjoy ur day! 🥳🎉
Comments
Post a Comment