[Story 14] Pemodelan Bisnis (Teori) | [Semester 1] Part 2 : Komponen Business Model Canvas (BMC) - 1. Customer Segments

Materi : Pemodelan Bisnis (Teori)

Tema : [Semester 1] Part 2 : Komponen Business Model Canvas (BMC) - 1. Customer Segments

By : Krisnayanti Aditasari, S. M., M.MT



Image : Customer Segment | Source : DataScientest.com


A. Pengertian Customer Segments

     Customer Segments adalah salah satu komponen bisnis yang mengarah pada pengelompokan kategori konsumen. Ia merupakan sekelompok orang / perusahaan yang bisa ditargetkan untuk membeli produk barang / jasa kita. Dalam segment ini berdasarkan kesamaan seperti : area geografis, jenis kelamin, usia, minat.



B. Jenis-jenis Customer Segments

     Jenis-jenis Customer Segments adalah sbb. :

1) Segmentasi Demografi

     Pada segmentasi demografi, ia lebih mengarah ke demografi (kondisi kependudukan), seperti : aspek usia, gender, pekerjaan, dll. Ex : perusahaan memproduksi tas. Ternyata laki-laki dan perempuan memiliki value yang berbeda. Laki-laki lebih mementingkan kenyamanan dan kegunaan. Sedangkan, perempuan lebih mementingkan fashion / design.


2) Segmentasi Geografi

     Pada segmentasi geografi, ia lebih mengarah ke geografi, seperti : tempat tinggal, iklim, dan cuaca. Contoh : saat ini sedang musim hujan, maka perlu produksi jaket anti air, sepatu anti air, dsb. (semua serba anti air).


3) Segmentasi Behavior 

     Pada segmentasi behavior, ia lebih mengarah ke bagaimana pelanggan bisa berinteraksi dengan suatu produk yang ditawarkan. 

Contoh : dalam online marketplace, terdapat banyak segmen yang muncul di sana, seperti pelanggan yang memasukkan barang ke keranjang, lalu melakukan pembayaran. Ada juga yang hanya memasukkan barangnya saja ke keranjang (tanpa membeli).


4) Segmentasi Psikologi 

     Pada segmentasi psikologi, ia lebih mengarah pada psikologi pelanggan, ex : aspek gaya hidup, kepercayaan individu, minat & hobi, dsb.



C. Manfaat Customer Segments

Manfaat Customer Segments adalah sbb. :

1) Membuat pemasaran lebih sesuai target.

2) Menciptakan sebuah retensi pelanggan (membuat konsumen untuk tertarik membeli produk kita lagi).



     Next, kita akan bahas point 2 dari "Business Model Canvas (BMC)", yaitu Value Proposition. Tetap semangat, jaga kesehatan, enjoy ur day! 🥳🎉






Comments

Popular posts from this blog

[Story 3] 🎵 Begitu Rindu - Lifia Laeticia 🎵

[Story 1] Kenali Anak Muda Inspiratif Indonesia | Part 1 : Cantika Davinca, Penyanyi Dangdut Terkenal yang Mendadak Viral di Kabupaten Madiun